Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan Anak

Siapa saja akan gemas jika melihat anak yang gemuk dan tumbuh sehat sebagai mana mestinya. Gemuk disini tentu bukan berarti badannya penuh lemak atau cenderung kelebihan berat badan tapi memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan usianya.

Salah satu kunci agar anak tumbuh optimal serta badannya gemuk dan sehat ialah dengan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya melalui makanan dengan gizi seimbang. Kebanyakan dari kita biasanya hanya memberi makanan yang itu-itu saja tanpa ada variasi sehingga kebutuhan nutrisi anak hanya tercukupi sebagian sedangkan yang lainnya tidak. Ini juga terkadang bisa berpengaruh pada menurunnya nafsu makan anak karena merasa bosan dengan menu makanan yang diberikan. Berikut ini mari kita bahas makanan sehat untuk menambah berat badan anak.

Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan Anak

  1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang hebat, dan sekitar 100g telur mengandung 13g protein. Ada banyak cara untuk mengenalkan telur ke dalam makanan sehari-hari anak anda. Telur juga dikemas dengan vitamin A dan vitamin B12, yang penting untuk pertumbuhan normal dan perkembangan anak. Konsumsi telur sehari benar-benar akan menghilangkan kebutuhan akan suplemen vitamin.

  1. Daging Ayam

Protein penting dalam membangun otot, dan itulah mengapa ayam adalah pilihan terbaik untuk balita dan anak-anak yang kurang gizi. Mudah didapat dan lebih terjangkau dibanding jenis daging lainnya. Ayam sangat serbaguna dan lezat sehingga anda bisa menambahkannya ke dalam nasi, sup, semur, dan lainnya. Cari beberapa resep untuk membuat makanan ringan berbasis ayam untuk anak anda.

  1. Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah seperti daging sapi adalah sumber alami zat besi dan lemak yang baik, yang dibutuhkan anak anda untuk pertumbuhan dan perkembangannya yang tepat. Jika anda belum mencoba ini untuk makanan anak-anak anda, sekaranglah waktunya untuk melakukannya. Selalu berikan daging yang segar dan hindari daging olahan dan yang diawetkan, yang mungkin mengandung bahan tambahan/pengawet makanan berbahaya.

  1. Kentang

Jika anda mencoba menambah berat badan, diet anda harus mengandung setidaknya 40% karbohidrat. Dan apa yang bisa menjadi sumber nutrisi yang lebih baik? Jawabannya adalah kentang. Kentang mengandung asam amino seperti arginine dan glutamine, yang membuat mereka memiliki berat badan yang sehat untuk makanan bayi dan balita. Pastikan anda menambahkannya lebih banyak dari makanan sehari-hari anak anda.

  1. Buah Dan Sayuran Tropis

Buah dan sayuran harus membuat sebagian dari makanan anak anda. Tambahkan sesendok mentega yang lezat ke sayuran kukus, agar lezat. Papaya, manga, nanas dan lainnya kaya akan gula alami yang mmemberikan energi tubuh dan membantu meningkatkan pertambahan berat badan secara sehat. Siapkan salad buah atau segelas jus buah segar untuk balita anda.

  1. Pisang

Selain terbukti menjadi sumber energi alami yang baik, satu pisang pun dikemas dengan 105 kalori. Mereka juga menyediakan karbohidrat penting yang membantu anak anda menambahkan beberapa lemak sehat. Apa yang terbaik adalah fakta bahwa pisang sangat serbaguna, anda bisa mencampurkannya dengan milkshake atau puding bersama dengan dark chocolate atau krim. Niscaya anak anda tidak akan menolak makanannya.

  1. Susu dan krim

Susu adalah sumber protein dan karbohidrat alami yang baik, belum lagi nutrisi penting lainnya juga. Pastikan anak anda memiliki setidaknya 2 gelas susu dalam sehari, dalam bentuk yang berbeda seperti milkshake, sereal atau smoothies. Tambahkan krim segar, yang dibuat dari susu utuh ke sereal atau salad buah anak anda.

  1. Alpukat

Alpukat adalah pilihan hebat lainnya untuk anak-anak dngan berat badan kurang, karena kaya akan lemak dan kalori- keduanya dibutuhkan untuk anak yang sedang tumbuh. Mereka juga kaya akan nutrisi, yang membuat mereka memiliki pilihan yang lebih sehat daripada makanan berlemak lainnya.

Nah sekarang anda sudah mengetahui apa makanan yang bagus untuk menambah berat badan anak dengan sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *